harga aki motor

Harga Aki Motor

 

Bagi Anda yang sehari-hari mengandalkan motor sebagai sarana transportasi tentu sudah sangat mengerti bahwa salah satu komponen yang mempunyai peran penting pada kendaraan kesayangan Anda tersebut adalah aki atau baterei. Fungsi utamanya adalah agar starter motor bisa dinyalakan dan selain itu juga untuk menghidupkan komponen kelistrikan lainnya seperti lampu indikator lain, lampu sein, dan juga head lamp. Ada dua jenis aki motor yang bisa menjadi pilihan yaitu aki basah dan aki kering, tetapi harga aki motor kering lebih mahal dibandingkan yang basah. Harga yang lebih mahal ini cocok bagi Anda yang tak ingin ribet memeriksa level air aki yang mungkin berkurang karena menguap, sehingga aki kering disebut juga maintenance free battery.

 

Kisaran Harga Aki Motor di Pasaran

 

Hampir seluruh motor-motor keluaran terbaru saat ini menerapkan aki kering pada mesinnya dan harga aki motor sendiri berada pada kisaran  200 sampai 300 ribu rupiah tergantung dari merk dan masa pakainya. Komponen yang satu ini perlu sekali dirawat agar berusia panjang dan tak mudah soak sehingga Anda bisa mengalami hambatan dalam transportasi sehari-hari. Setelah mengetahui kisaran harganya, penting pula bagi Anda untuk mendapatkan informasi praktis tentang perawatan aki agar awet. Berikut ini adalah ulasannya bagi Anda.

 

Harga aki motor dan tips merawatnya

Beberapa panduan ini cukup sederhana dan mudah diterapkan dalam keseharian Anda.

  1. Penggunaan aksesoris – Sebaiknya hindari menggunakan aksesoris motor yang berlebihan terutama yang berkaitan dengan energi listrik. Ini misalnya, menambahkan lampu-lampu lain dengan alasan hiasan, mengubah tipe klakson melebihi jenis normalnya, atau menambahkan audio. Penambahan perangkan tersebut bisa membuat umur aki menjadi pendek.
  2. Menggunakan starter elektrik dengan tepat – Saat motor sulit dinyalakan sebaiknya jangan memaksa menggunakan starter elektrik, melainkan starter manual. Untuk sehari-hari sebenarnya starter elektrik ini dirancang untuk kondisi darurat saja, yaitu motor tiba-tiba mati di jalan raya. Jadi sebaiknya gunakan starter manual lebih sering daripada starter elektrik.
  3. Memanaskan motor – Pada bagian dalam baterei ada 2 buah plat kutub negatif dan positif yang terbuat dari kalsium timbal. Selanjutnya kiprok akan membantu plat ini menyuplai arus listrik menuju aki, kemudian plat akan mengantarkan energi listrik pada komponen-komponen listrik lainnya. Lambat laut sel-sel yang berada di dalam aki bisa menjadi kering dan untuk mengantisipasi ini, sebelum menggunakan, minimal panaskan motor selama 15 menit setiap hari.
  4. Mematikan motor – Pada waktu mematikan motor komponen kelistrikan seperti lampu sein, head lamp, dan lain sebagainya seharusnya pada kondisi mati agar konsumsi aki tak menjadi terlalu besar saat motor dinyalakan kembali. Kebiasaan ini juga akan menjaga kestabilan tegangan listrik.
  5. Rajin memeriksa kondisi kedua terminal aki – Kebiasaan ini akan membuat Anda cepat mengetahui bila ada baut sambungan terminal yang kendor atau kebocoran pada bagian sambungan (katup terminal aki). Kebocoran ini tak hanya membahayakan kondisi mesin motor, tetapi juga keselamatan pengguna.
  6. Rajin memeriksa kiprok – Komponen yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke dalam baterei pada kondisi pengisian juga perlu dicek secara rutin. Bila terdapat indikasi seperti lampu motor mulai meredup atau tak dapat menyala dengan stabil, mungkin bagian kiprok mengalami kerusakan dan perlu segera diganti.

 

Nah, demikianlah ulasan singkat tentang harga aki motor sekaligus tips merawatnya agar awet. Semoga berguna bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *