harga asbes

Harga Asbes Dan Gunanya Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Asbestos atau asbes tentu merupakan material yang sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari kita.  Mineral ini sering sekali digunakan dalam konstruksi bangunan serta konstruksi kendaraan. Walaupun tersedia bahan lain untuk menggantikan fungsinya pada bidang konstruksi yaitu fiberglass, faktanya asbes masih cukup banyak digunakan, dan orang juga masih memantau harga asbes bila ingin melakukan renovasi atau membuat sebuah bangunan. Dari segi kesehatan sesungguhnya penggunaan asbes tak direkomendasikan karena bisa memicu berbagai gangguan pernafasan, seperti sesak napas, batuk, radang tenggorakan, bahkan diduga termasuk salah satu penyebab munculnya kanker.

 

Harga Asbes dan Fungsinya

 

Yang menjadi penyebab mengalam salah satu jenis mineral ini masih banyak diterapkan pada bangunan adalah harga asbes yang tergolong sangat terjangkau, yaitu sekitar 45 ribu hingga 125 ribu rupiah saja per lembarnya. Sebelum adanya fiberglass, asbes mempunyai fungsi yang cukup beragam dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, antara lain adalah:

  1. Atap rumah – Asbes bisa menjadi pilihan bila menggunakan genting tergolong cukup mahal bagi beberapa kalangan. Dalam penerapannya, pada umumnya digunakan triplek sebagai sekat antara ruangan dan bahan tersebut sehingga penghuni menjadi lebih nyaman. Triplek berfungsi untuk memberikan pengendapan udara dalam ruangan sehingga suhu tak menjadi terlalu panas atau sebaliknya terlalu dingin.
  2. Tembok – Pada beberapa bangunan semi permanen, bahan asbes sering dipilih sebagai pengganti dinding. Ini karena bahan tersebut dinilai lebih baik bila dibandingkan dengan dinding atau konstruksi dari bambu dan kayu yang gampang lapuk karena iklim. Selain itu sekali lagi karena harga asbes yang murah.
  3. Bahan campuran – Selain penggunaan bahan asbes murni baik untuk atap atau dinding, mineral yang satu ini juga  sering dijadikan bahan campuran dalam konstruksi bangunan. Bahan ini cukup baik digabungkan dengan bahan bangunan yang terbuat dari plastik dan paling banyak digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat atap rumah.
  4. Body kendaraan – Sebelum ditemukan carbon fiber serta fiberglass, asbes adalah bahan yang umum digunakan untuk pembuatan body kendaraan bermotor atau untuk membuat fender dan bemper pada mobil.
  5. Penghalang sinar matahari – Asbes juga sering digunakan sebagai penghalan sinar matahari, misalnya pada kolam-kolam ikan atau pekarangan rumah.
  6. Bahan penutup wadah atau kolam – Para peternak ikan juga banyak menggunakan bahan ini sebagai penutup kolam. Fungsinya adalah untuk mencegah ikan melompat keluar terutama saat musim hujan, juga sebagai pencegah ikan terkena paparan sinar matahari yang terlalu kuat.
  7. Atap garasi – Bahan mineral asbestos ini hingga saat ini juga masih sering dimanfaatkan untuk pembangunan garasi, yaitu untuk membuat bagian atap. Bahannya yang berbobot ringan bila dibandingkan genting bisa menjadi alternatif yang paling tepat dalam pembangunan atap garasi. Dalam pembuatan garasi memang akan lebih baik bila terdapat pintu serta jendela untuk menciptakan sirkulasi udara yang lebih nyaman. Bila Anda menginginkan atap asbes untuk bagian garasi rumah, sebaiknya pilihnya jenis asbes soft yang mampu menyerap udara dengan baik sehingga suhu dalam garasi tak mudah panas dan pengap.

 

Demikianlah beberapa fungsi bahan mineral asbestos sekaligus kisaran harga asbes bagi Anda. Mengingat dampaknya yang kurang baik bagi kesehatan, sebaiknya penggunaan bahan ini untuk konstruksi bangunan rumah memang diminimalkan demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga. Tetapi bila ingin menggunakannya untuk kepentingan peternakan ikan, penggunaan asbes masih dapat diterapkan. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • cari asbes bekas semarang
  • fungsi asbes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *