harga jangka sorong

Harga Jangka Sorong dan Cara Menggunakannya

 

Definisi jangka sorong adalah alat yang mempunyai fungsi untuk mengukur sebuah benda dengan akurasi ketelitian hingga satu per seratus milimeter. Dengan demikian Anda bisa memperoleh ukuran pasti sebuah benda menggunakan alat ukur ini. Jangka sorong ini memiliki dua buah bagian pengukur yaitu, bagian cembung sebagai alat pengukur panjang sebuah benda dan berikutnya adalah bagian yang cekung dengan fungsi mengukur diameter bagian dalam sebuah benda. Untuk harga jangka sorong di pasaran tentunya sangat beragam, dan akan diulas lebih detail berikut ini.

 

Sebelumnya perlu diketahui bagian-bagian dari jangka sorong ini, yaitu rahang dalam untuk mengukur dimensi bagian dalam, rahang luar untuk mengukur dimensi luar, baut pengunci yang berfungsiuntuk mengunci rahang, imperial scale atau skala  dalam satuan inci, metric scale atau skala dalam satuan milimeter, serta batang pengukur kedalaman.

 

Variasi Harga Jangka Sorong

 

Untuk harga jangka sorong sendiri cukup bervariasi yaitu berada pada kisaran harga 180 ribu rupiah sampai dengan 1 juta rupiah. Sementara fungsi dari alat pengukur ini antara lain adalah, sebagai alat pengukur diameter bagian dalam sebuah benda, alat pengukur diameter bagian luar sebuah benda, alat pengukur ketebalan sebuah benda, serta alat pengukur kedalaman sebuah benda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara untuk mengukur suatu benda dengan menggunakan jangka sorong.

  1. Untuk mengukur sebuah benda
  • Pertama kendorkan baut pengunci dan geser rahang jangka. Periksa dengan teliti saat rahang geser tertutup bahwa hitungannya tepat pada posisi nol.
  • Agar hasil pengukuran akurat, sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu permukaan benda yang hendak diukur untuk memastikan tak ada benda lain yang turut melekat.
  • Berikutnya  tutup kedua rahang hingga menjepit benda yang akan diukur dan Anda tinggal melihat skalanya.
  1. Cara untuk mengukur diameter sebuah benda

Untuk melakukan pengukuran diameter suatu benda tak terlalu jauh berbeda dengan metode pengukuran sebagaimana pada cara satu. Perbedaannya hanyalah rahang yang digunakan adalah rahang jangka yang bagian atas. Anda hanya perlu merapatkan rahang bagian atas kemudian letakkan benda yang ingin Anda ukur diameternya. Geserlah rahang tersebut hingga kedua bagiannya menekan serta menempel pada bagian dalam benda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa bagian dalam dinding lurus dengan skala.

 

  1. Cara untuk mengukur kedalaman sebuah benda

Untuk mengetahui kedalaman sebuah benda Anda hanya perlu meletakkan benda tersebut kemudian menggesar rahang hingga menyentuh bagian permukaan bagian dasar lubang atau bagian dalam benda. Benda tersebut juga harus dalam kondisi statis.

 

Yang penting untuk Anda ketahui selain harga jangka sorong adalah nama lainnya yang juga disebut Vernier kaliper dan sigmat. Sementara untuk jenis-jenisnya adalah jangka sorong analog dan jangka sorong digital. Agar alat ukur ini tahan lama ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang cara penyimpanannya. Pertama, rahang harus dikembalikan ke posisi semula setelah digunakan. Kedua, sebisa mungkin upayakan agar alat ini tak sampai terjatuh atau mengalami benturan.

 

Pada bagian ujung rahang ukur atau pun sisi-sisi ukurnya harus dijaga agar tak sampai cacat untuk mengoptimalkan akurasi pengukuran. Sesudah penggunaan bersihkan jangka sorong dengan kain yang bersih dan halus. Berikutnya beri pelumas pada permukaan peluncur setelah penggunaan. Terakhir, saat disimpan alat ini tak boleh terkena sinar matahari secara langsung atau terpapar kelembaban tinggi.

 

Nah, semoga ulasan tentang harga jangka sorong ini bermanfaat bagi Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *