harga karet terbaru

Harga Karet Terbaru Hari Ini Terus Meningkat Hingga

Karet atau getah dari pohon karet sudah menjadi salah satu komoditas yang paling penting di tanah air. Pohon karet yang menghasilkan getah karet ini juga sangat menunjang perkembangan berbagai perusahaan industri baik yang memproduksi maupun menggunakan karet. Penting untuk mengetahui harga karet terbaru saat ini sehingga dalam menjual bisa menentukan harga yang wajar tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Jika membeli, maka Anda juga akan tahu berapa harga pasarannya sehingga tidak rugi.

Sekilas Tentang Pohon, Getah, Manfaat Dan Harga Karet Terbaru

Di Indonesia, daerah yang dijadikan sentra industri perkebunan karet terbanyak ada di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Riau dan beberapa daerah lain di luar pulau Jawa. Pohon karet ini memiliki bentuk hampir sama dengan pohon jati karena tumbuh memanjang ke atas dengan bentuk batang bulat melingkar. Itulah kenapa membuat alur getah karet dengan cara mengupas kulit pohon cukup mudah.

Tinggi pohon ini mencapai lebih dari 30 hingga 40 m. Sedangkan umurnya, bisa mencapai lebih dari 100 tahun. Dibutuhkan teknik khusus untuk bisa membuat alur atau saat memotong kulit pohon karet sehingga getah dapat mengalir dengan baik. Diperlukan pengetahuan juga untuk bisa memilih mana pohon yang siap disayat dan belum. Keadaan tanah dapat mempengaruhi produksi getah pohon karet.

Untuk hasil yang maksimal, pohon karet ditanam di atas tanah yang subur juga padat sehingga getah atau lateks dapat diproduksi dengan baik. Pohon karet bisa disadap atau diambil getahnya selama 6 tahun. Setelah itu, pohon karet harus diperbarui lagi. Getahnya sendiri memiliki warna putih seperti susu tapi lengket. Getah ini nantinya akan ditampung atau didiamkan hingga mengental dan semakin lengket.

Proses yang lama, seharusnya membuat harga karet terbaru semakin meningkat. Apalagi penggunaan getah karet ini sangat penting sekali. Dari mulai pembuatan ban baik ban sepeda, sepeda motor, mobil dan produk lain yang menggunakan bahan dasar karet. Penggunaannya yang sangat penting, banyaknya jumlah produk yang mampu dibuat dari karet hingga pemanfaatan lainnya. Akan tetapi, sepertinya dibutuhkan regulasi atau aturan serius dari pemerintah.

Harga Karet Terbaru Tidak Stabil

Jika keadaan sedang normal, harga karet terbaru bisa mencapai Rp 19.000 hingga Rp 22.000 per kilo gram. Pada dasarnya, harga akan terus meningkat mengingat penggunaannya juga terus meningkat serta harga-harga olahan dari karet juga memiliki harga yang meningkat. Tercatat, pada tahun 2012, harga karet menembus angka Rp 25.000 per kilo gram.

Akan tetapi, walau pihak Kementrian Pertanian sudah menyiapkan lahan seluas 1 ha untuk peremajaan atau replanting (penanaman kembali) pohon karet agar para petani karet mendapatkan hasil yang maksimal, faktanya, hingga tulisan ini dibuat, di beberapa daerah di Indonesia harga karet merosot tajam hingga di bawah Rp 10.000 per kilo bahkan ada daerah yang menjual karet dengan harga kurang dari Rp 5.000 per kilo.

Dibutuhkan tindakan serius dari pemerintah untuk menormalkan kembali harga karet di seluruh daerah sehingga para petani karet juga dapat merasakan hasil manisnya mengingat proses penyadapan dan pengambilan getah karet ini tidak mudah. Selain itu, butuh waktu yang cukup lama untuk menyiapkan pohon karet agar siap disadap. Jika pemerintah tidak segera mengatasi hal ini, maka harga karet terbaru bisa terus turun dan para petani karet akan merasa kecewa. Semoga saja, pemerintah dalam hal ini kementrian pertanian agar bisa mengembalikan harga karet sehingga para petani karet bisa tersenyum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *