harga tiket bus malam

Harga Tiket Bus Malam

 

Bus adalah jenis transportasi darat yang cukup populer di tanah air terutama di kalangan mahasiswa yang kuliah di luar kota atau bahkan luar propinsi. Untuk mudik ke kampung halaman, bus sering menjadi pilihan bagi mereka. Untuk jarak tempuh yang jauh misalnya antar kota dalam propinsi atau malah antar propinsi, bus malam kerap menjadi pilihan. Pertimbangannya antara lain adalah agar penumpang bisa langsung tidur dalam perjalanan dan esok pagi tiba di tempat tujuan dalam kondisi segar. Untuk harga tiket bus malam sangat beragam sesuai bus yang Anda pilih sekaligus kota tujuan.

 

Harga tiket bus malam berbagai perusahaan

Beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas ini adalah, PO Nusantara, PO Haryanto, PO Bejeu,  PO New Shantika, PO Harapan Jaya, PO Pahala Kencana, PO Kramat Jati, PO Lorena, PO Rosalia Indah, PO Safari Dharma Raya, PO Raya, PO Bandung Express, dan masih banyak lagi. Untuk harga tiket bus malam adalah berkisar antara 300 ribu hingga 500 ribu tergantung dari kelas bus serta kota tujuan Anda. Selain mengetahui informasi tersebut, inilah beberapa mitos dan fakta yang berkaitan dengan bus malam.

 

  1. Di jalan raya, bus malam selalu bersaing dengan truk tangki atau truk gandeng adalah hal yang sudah jamak diketahui. Tetapi tahukah Anda bahwa sejak zaman dahulu telah ada kesepakatan tak tertulis di kalangan pada pengemudi trailer, truk, tangki, dan segala macam kendaraan yang mengangkut barang untuk memberikan prioritas kepada angkutan manusia alias bus. Dengan demikian para sopir telah mengerti bahwa bus harus didahulukan.

 

Faktanya yang seringkali menyulitkan bagi para sopir bus malam adalah motor dengan pengendara yang tak terlalu mahir dan mempunyai kebiasaan untuk berkendara di tengah jalan dengan kecepatan rendah. Selain itu becak yang sering berbelok tanpa memberi tanda dan mobil pribadi yang sopirnya baru mencoba jalur keluar kota juga sering menjadi kendala dalam perjalanan bus-bus tersebut.

 

Beberapa pengguna jalan pada kenyataannya senang berada di  belakang bus karena lebih toleran dalam memberikan jalan untuk kendaraan lain, serta konsisten memberi tanda bila hendak menyalip atau berbelok. Sopir-sopir bus yang telah belasan tahun mencari nafkah di jalanan bahkan dapat mengemudi dengan kencang dengan tetap mematuhi aturan.

 

  1. Banyak orang yang enggan menumpang bus malam karena merasa kendaraan besar jarang mau mengalah dan sering ngebut. Seperti yang kita ketahui, speedometer bus menunjukkan angka maksimal 120 km. Tetapi faktanya kecepatan maksimal itu tak akan tercapai karena kondisi jalan serta kemacetan jadi tak semua bus berani ngebut dengan konsekuensi membahayakan nyawa banyak penumpang. Sebenarnya yang lebih sering ngebut adalah bus bumel yang kejar setoran atau mobil-mobil pribadi.

 

Tetapi tentu saja sebagai kendaraan komersil yang melayani jasa angkutan, sopir tetapi harus memperhitungkan waktu agar kendaraannya diminati calon penumpang. Yang bersangkutan dituntut untuk tiba jam sekian di tujuan, sementara di perjalanan banyak sekali kesulitan yang harus mereka hadapi, seperti kecepatan minimum, kemacetan, pengisian bahan bakar, kendaraan di depan yang berjalan lambat, dan masih banyak lagi.

 

  1. Saat berkendara di malam hari dengan mobil pribadi mungkin kita akan mendapat kesan bahwa bus malam itu ugal-ugalan dan tidak tahu aturan. Tetapi faktanya yang lebih sering menggunakan jalan raya dengan ceroboh dan ugal-ugalan adalah kendaraan-kendaraan pribadi, seperti pindah jalur sekehendak hati, menyerobot, dan lain-lain. Sesekali cobalah memperhatikan bila bus yang Anda naiki berada di belakang bus malam yang lain maka bus yang berjalan di depannya akan membimbing dan memberi tanda bila kendaraan Anda hendak mendahului kendaraan lain.

 

Nah, itulah beberapa mitos serta fakta yang berhubungan dengan bus malam. Inilah informasi penting yang harus Anda ketahui selain tentang harga tiket bus malam. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • harga tiket bus jurusan tangerang tujuan purworejo bus sinar jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *