harga tiket kereta api ekonomi jakarta jogja

Informasi Tentang Harga Tiket Kereta Api Ekonomi Jakarta Jogja

 

Di musim liburan selain obyek wisata di pulau Bali, para traveller juga banyak meminati jogja sebagai tempat tujuan berlibur mereka termasuk masyarakat di ibukota. Sejak dahulu kota Jogja memang menawarkan wisata yang cukup beragam mulai dari wisata budaya, alam, kuliner, hingga belanja. Nah inilah harga tiket kereta api ekonomi jakarta jogja serta perbedaannya dengan tiket kereta api bisnis dan eksekutif.

 

Harga tiket kereta api ekonomi jakarta jogja

Transportasi kereta api saat ini sudah semakin diminati karena kualitasnya yang telah semakin membaik dengan jadwal keberangkatan dan tiba semakin tepat waktu. Perbaikan mutu ini tak hanya berlaku untuk jenis kereta api dengan kelas bisnis atau eksekutif tetapi juga untuk kelas ekonomi yang harga tiketnya lebih terjangkau. Para backpacker yang gemar bepergian dengan dana hemat tentu lebih senang menggunakan kereta api ekonomi. Untuk harga tiket kereta api ekonomi Jakarta Jogja termurah adalah sekitar 100 ribu-an atau 150 ribu-an dan Anda bisa memperoleh harga yang lebih hemat lagi bila beruntung mendapatkan tiket promo.

 

Nama stasiun utama di kota Jogja adalah stasiun Tugu, dan di Jakarta Anda bisa naik kereta ke Jogja melalui stasiun Gambir, Jatinegara, atau Manggarai. Untuk pembelian tiket kereta api pun sekarang sudah banyak alternatif pilihan selain datang langsung ke stasiun, yaitu secara online atau pun melalui smartphone, membeli di minimarket retail yang sudah tersebar sangat banyak di berbagai kota di Indonesia, atau melalui berbagai agen biro perjalanan wisata. Setelah memesan dan membayar harga tiket kereta api ekonomi Jakarta Jogja Anda tinggal mencetak tiket tersebut di stasiun melalui mesin cetak mandiri. Nah, berikut ini adalah perbedaan antara tiket kereta api ekonomi, bisnis, dan eksekutif:

 

Mana pun kelas kereta api yang Anda pilih kesamaan di antaranya adalah dilengkapi sistem pendingin udara, larangan untuk merokok, serta larangan bagi pedagang asongan untuk memasuki gerbong. Sementara itu perbedaannya adalah:

  1. Harga tiket kereta – Harga tiket kereta api eksekutif adalah yang paling mahal bila dibandingkan dengan kereta api ekonomi dan bisnis. Pada beberapa kota tujuan, harga tiket kereta api eksekutif bahkan setara dengan pesawat terbang.
  2. Kualitas AC – Kualitas pendingin udara pada kereta api eksekutif adalah yang terbaik bila dibandingkan kereta api ekonomi dan bisnis. Selain itu pada perjalanan jarak jauh penumpang juga akan mendapatkan pinjaman selimut dan bantal gratis sementara pada kereta api ekonomi dan bisnia ada biaya tambahan yang harus dibayar.
  3. Tempat duduk – Untuk kereta api eksekutif dan bisnis susunan tempat duduknya adalah 2-2, 2-3, atau 3-3 dengan kualitas kursinya yang nyaman, dapat diatur kemiringannya, atau diubah arahnya. Hal seperti ini tak bisa Anda lakukan pada kursi kereta api kelas ekonomi karena duduknya berhadapan dengan sandaran yang tegak sehingga akan cukup melelahkan untuk perjalanan jauh.
  4. Kecepatan waktu tempuh – Kereta eksekutif akan menempuh waktu perjalanan yang lebih singkat karena tak semua stasiun disinggahi.
  5. Stasiun yang disinggahi – Pada beberapa kota, stasiun untuk ketiga kelas kereta api tersebut memang dibedakan. Untuk kota Jogja, stasiun untuk kereta api eksekutif dan bisnis adalah di stasiun Tugu sementara untuk kereta ekonomi adalah di stasiun Lempuyangan.

Nah, demikianlah informasi mengenai harga tiket kereta api ekonomi Jakarta Jogja serta perbedaan fasilitas yang tersedia dengan kereta api berkelas bisnis dan ekonomis. Nah, semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *