harga tiket kereta api gajayana

Harga Tiket Kereta Api Gajayana

 

Peningkatan kualitas transportasi darat kereta api yang semakin lama semakin baik di tanah air membuat minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi ini juga semakin bertambah. Salah satunya adalah kereta api Gajayana yang menyediakan rute perjalanan Jakarta Kota – Malang dengan menyinggahi kota Yogyakarta  serta Solo. Harga tiket kereta api gajayana memang sedikit mahal karena tergolong kereta api kelas eksekutif. Angkutan darat ini melaju dari ibukota ke Malang melalui jalur selatan. Kereta ini mulai operasinya secara resmi pada tanggal 28 oktober 1999.

 

Kereta api ini dahulu mempunyai rangkaian gerbong bisnis tetapi di bulan oktober 1999 diubah menjadi kereta argo dengan gerbong kereta eksekutif atau K1 retrofit. Kereta api eksekutif ini menempuh rute perjalanan dengan jarah sejauh 907 km dalam waktu tempuh selama 14 jam 30 menit. Selama menuju ibukota, kereta ini singgah di beberapa stasiun, yaitu Kepanjen, Wlingi Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Madiun, Solo Balapan, Yogyakarta, Purwokerto, Cirebon, Jatinegara, dan Gambir. Kereta ini terdiri dari 8 gerbong kereta K1 Argo, sebuah gerbong restorasi atau kereta makan yang berciri khas mempunyai motif batik, sebuah gerbong kereta pembangkit listrik khusus, dan terakhir adalah sebuah gerbong bagasi.

 

Harga tiket kereta api gajayana

Jika Anda berminat untuk melancong ke ibukota dengan menumpang kereta gajayana, berikut ini adalah informasi harga tiket kereta api gajayana di bulan juni tahun 2016 adalah mulai dari 435 ribu rupiah hingga 535 ribu rupiah. Anda sudah dapat melakukan pemesanan tiket sejak 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan kereta api Gajayana ini melalui loket penjualan tiket di stasiun, tiketing online PT KAI, website penjualan tiket transportasi secara online, swalayan ritel yang banyak tersebar di tanah air, atau channel alternatif lainnya.

 

Inilah harga tiket kereta api gajayana dengan rute selain Jakarta

·         Malang – Solo:              mulai 120 ribuan rupiah

·         Kebumen- Yogyakarta:  mulai 50 ribuan rupiah

·         Tulungagung – Malang:  mulai 50 ribuan rupiah

·         Solo – Malang:              mulai 120 ribuan rupiah

·         Yogyakarta – Solo:        mulai 50 ribuan rupiah

·         Banyumas – Cirebon:    mulai 110 ribuan rupiah

·         Banyumas – Kebumen:  mulai 50 ribuan rupiah

·         Banyumas – Yogyakarta: mulai 60 ribuan rupiah

 

Sebagai kereta api berkelas eksekutif, kereta api Gajayana ini mempunyai keunggulan tersendiri yaitu merupakan gerbong terbaru produksi INKA dengan desain sebagaimana kabin pesawat. Selain itu gerbong kereta juga mempunyai fasilitas lengkap demi menjamin kenyamanan bagi para penumpang selama dalam perjalanan menuju ibukota atau tempat-tempat tujuan yang lain. Tiap kereta mempunyai daya tampung 52 penumpang. Kondisi gerbong dilengkapi dengan interior yang cukup elegan walaupun tak mengesampingkan faktor keselamatan serta kenyamanan. Interior dalam gerbong dilengkapi dengan isolasi panas serta peredam suara.

 

Fasilitas yang tersedia dalam kabin kereta antara lain adalah pendingin ruangan, 2 LED TV, stop kontak di kursi masing-masing bila Anda ingin men-charge gadget Anda, audio/video, serta toilet yang nyaman dan bersih. Tempat duduk penumpang dirancang ergonomis lengkap dengan sandaran kaki serta meja statis. Tak lupa tersedia pula bagasi yang nyaman persis sebagaimana dalam kabin pesawat. Pintu ruangan kereta menggunakan jenis geser otomatis, sementara pada jendelanya terbuat dari bahan dupleks laminasi serta isolator panas dan kelambu untuk menahan sinar matahari.

 

Melihat berbagai fasilitas tersebut, tentu harga tiket kereta api gajayana yang terbilang mahal memang sepadan dengan kenyamanan penumpang tersebut. Nah, semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *