harga tiket masuk Benteng Rotterdam

Harga Tiket Masuk Benteng Rotterdam Terbaru 2017

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jika Anda adalah pecinta wisata sejarah atau hanya ingin menikmati kemegahan Benteng Rotterdam disertai dengan mengambil foto berlatar taman Benteng Rotterdam yang sangat cantik, Anda bisa membayar harga tiket masuk Benteng Rotterdam dan mulai menjelajahi benteng peninggalan Kolonial Belanda ini. Bahkan, benteng ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena pernah menjadi pusat dari kekuatan Kolonial Belanda di daerah Sulawesi.

Harga Tiket Masuk Benteng Rotterdam; Sejarah Fort Rotterdam

Fort Rotterdam bukan hanya dijadikan pusat kekuatan Kolonial Belanda saja, melainkan juga sebagai pusat perdagangan di Sulawesi. Benteng ini juga pernah digunakan oleh tentara Jepang saat Perang Dunia II sebagai sebuah penjara. Jadi, kemegahan bangunan dari Fort Rotterdam ini memang didesain sebagai benteng pertahanan sehingga jangan harap Anda menemukan bangunan megah dalam arti mewah atau spektakuler. Tapi, bagi pecinta sejarah, nilai sejarah benteng ini pasti sangat tinggi.

Fort Rotterdam ini juga disebut sebagai Benteng Ujung Pandang. Benteng tua era colonial ini menghadap ke arah pelabuhan. Walau wisata sejarah, harga tiket masuk Benteng Rotterdam yang bisa dikatakan murah apalagi dengan populernya namanya, membuat benteng ini sebagai salah satu obyek wisata utama yang ada di Makassar. Jadi, pengunjungnya juga cukup banyak.

Bentang Rotterdam ini dibangun oleh Belanda untuk mempertahankan diri pada tahun 1667. Namun, untuk struktur pertama dari benteng ini sudah dibangun oleh Raja Tunipalangga sejak tahun 1545 berupa bangunan sederhana menyerupai dinding yang dibuat dari tanah. Adapun nama Rotterdam sendiri diberikan oleh Laksamana Cornelis Speelman yang merupakan salah satu petinggi kolonial Belanda yang lahir di Rotterdam.

Harga Tiket Masuk Benteng Rotterdam; Struktur Bangunan

Pembangunan benteng ini mencapai 6 meter sedangkan tebal dindingnya hingga 2 meter. Jika Anda membayar harga tiket masuk Benteng Rotterdam maka akan tahu jika di dalam benteng ini terdapat gereja dan juga perumahan tentara kolonial Belanda. Itulah sebabnya benteng ini dijadikan pusak kekuatan dan kekuasaan Belanda di Pulau Sulawesi.

Fort Rotterdam dijadikan sebagai benteng pertahanan oleh Belanda hingga tahun 1937. Kemudian di tahun 1970-an, Fort Rotterdam yang sudah menjadi milik kekuasaan Indonesia, oleh pemerintah Indonesia diberi nama Fort atau Benteng Ujung Pandang. Benteng ini sendiri memiliki struktur bangunan yang unik sesuai fungsinya masing-masing. Jika dilihat secara detail, ada lima menara di benteng ini.

Empat Menara ada di setiap sudut bangunan. Sedangkan satu Menara ada di pintu masuk utama. Di dalam benteng, ada 13 bangunan dimana 11 diantaranya dibangun oleh Belanda sedangkan 2 lainnya oleh tentara Jepang. Di dalam benteng ini juga ada bangunan yang disebut rumah Speelman yang dibangun pada 1686. Namun, Speelman sendiri tidak pernah benar-benar meninggali rumah itu. Akan tetapi, rumah tersebut ditinggali oleh Gubernur Belanda sampai pertengahan abad 19.

Saat ini, jika Anda membeli harga tiket masuk Benteng Rotterdam dan masuk, maka akan mendapati jika seluruh bangunan ini sudah menjadi museum. Adapun struktur bangunan lain digunakan sebagai tempat tidur untuk petugas, sebagai penjara dan juga gudang. Tercatat juga jika Pangeran Diponegoro pernah dipenjarakan di benteng ini hingga 26 tahun sampai beliau wafat di tahun 1855.

Fort Rotterdam ini dibuka setiap hari mulai 08.00 hingga 18.00. Harga tiket masuk Benteng Rotterdam gratis atau sukarela tapi ada sumbangan sebesar Rp 10.000. Jika ingin masuk ke museum-nya, dikenakan biaya Rp 7.500 dan museum dibuka setiap Selasa – Minggu dari 08.00 hingga 12.30. Sangat murah kan?

 

Incoming search terms:

  • goli goli Roterdam 1821
  • harga pembayaran masuk Benteng Rotterdam Makassar
  • tiket masuk fort rotterdam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *