harga tiket masuk borobudur

Informasi Harga Tiket Masuk Borobudur

 

Selain pulau Bali dengan pantai Kuta-nya yang indah, salah satu obyek wisata di tanah air yang tak kalah menjadi ikon bagi pariwisata Indonesia adalah Candi Borobudur yang terletak di kota Magelang Indonesia. Selain berfungsi sebagai tempat suci bagi para pemeluk agama Budha, obyek wisata ini juga banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri terutama di waktu liburan karena pesona arsitektur kunonya yang sangat menakjubkan. Destinasi wisata sejarah yang satu ini memang pernah dinominasikan sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Bagi Anda yang penasaran dengan harga tiket masuk Borobudur, berikut ini adalah informasinya bagi Anda.

 

Informasi tentang harga tiket masuk Borobudur dan jam operasional obyek wisata

Untuk liburan Anda di tahun ini mengapa tak mencoba mengunjungi candi Borobudur untuk menikmati keindahan bangunan serta keeksotisan pemandangan di sekitar wilayah obyek wisata? Bila Anda setuju, berikut ini adalah referensi tentang harga tiket masuk Borobudur sebagai pelengkap rencana liburan Anda:

  • Harga tiket masuk Borobudur untuk wisatawan dalam negeri terdiri dari dua kategori, yaitu umum dan pelajar. Untuk pelajar Anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp. 12.500,-, dan untuk pengunjung umum harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000,-.
  • Harga tiket masuk Borobudur untuk wisatawan asing juga dibedakan atas dua kategori, yaitu pengunjung dewasa atau adult dan pengunjung anak-anak atau pelajar. Untuk pengunjung dewasa HTM obyek wisata ini dibandrol $20 untuk setiap orangnya, sementara untuk anak-anak atau pelajar harus membayar sebesar $8 untuk setiap pengunjung.

 

Sekilas tentang Candi Borobudur

Sebelum mengunjungi lokasi wisata ini ada baiknya bila Anda mengetahui sekilas tentang Candi Borobudur termasuk sejarah singkatnya. Candi Borobudur adalah candi Buddha berbentuk stupa yang dibangun oleh para pemeluk agama Buddha Mahayana pada tahun 800-an Masehi di masa pemerintahan dinasti Syailendra. Candi ini mempunyai bentuk arsitektur yang menakjubkan padahal saat dibangunnya belum digunakan alat-alat berat yang canggih sebagaimana saat ini.

 

Borobudur terdiri dari enam teras dengan bentuk bujur sangkar sementara pada bagian atasnya terdapat tiga pelataran dengan bentuk melingkar. Pada dinding candi terdapat ukiiran panel relief berjumlah 2.672 dan terdapat pula 504 buah arca Buddha di tempat ini. Pengunjung akan dapat melihat secara jelas pusat bangunan yang ditandai dengan stupa utama yang paling besar dengan disekelilingnya dibangun tiga barisan melingkar stupa-stupa berlubang berjumlah 72 buah.

 

Di dalam stupa-stupa tersebut ada arca Buddha yang tengah dalam posisi teratai sempurna. Artinya tangan arca Buddha tersebut berbentuk mudra atau Dharmachakra mudra yang maksudnya adalah memutar roda dharma. Dari segi filosofi, bangunan ini dimaksudkan sebagai tempat ziarah agar dapat menuntun manusia dari hawa nafsu duniawi menuju kebijaksanaan dan pencerahan sebagaimana layaknya ajaran Buddha. Setiap tahun di hari Trisuci Waisak, seluruh umat Buddha dari Indonesia termasuk mancanegara akan berkumpul di tempat ini.

 

Lalu apa yang dapat dilakukan setelah membayar harga tiket masuk Borobudur? Pertama tentu pengunjung bisa berkeliling menikmati keindahan bangunan kuno yang menakjubkan ini mulai dari tingkat pertama hingga teras paling atas. Selain itu Anda juga bisa melakukan napak tilas sejarah, terutama bagi mereka yang berminat akan bidang sejarah budaya yang pastinya akan sangat betah berada di obyek wisata ini. Terakhir, jangan lupa untuk mengambil foto kenangan bahwa Anda pernah berkunjung ke salah satu obyek wisata yang sangat populer hingga ke luar negeri ini. Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *