Harga Tiket Masuk Museum Bali

Harga tiket masuk museum bali – Saat mendengar kata Pulau Bali yang terlintas pada benak kebanyakan orang pasti wisata pantainya yang cantik. Tetapi jangan salah karena wisata Bali lebih beragam daripada sekedar wisata pantai saja karena Anda juga bisa mengunjungi Museum Bali sebagai wisata dengan tema edukasi dan sejarah budaya. Museum ini dikelola oleh pemprov propinsi Bali dan koleksinya akan menambah pengetahuan Anda tentang kehidupan dan karakter masyarakat Bali dari waktu ke waktu. Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung inilah informasi harga tiket masuk museum bali untuk Anda.

 

Harga tiket masuk museum bali

Ternyata harga tiket masuk museum bali luar biasa terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.000,- saja per orang. Selain dapat melihat-lihat koleksi kuno di museum ini Anda juga bisa menjadikan museum sebagai latar foto pre wedding dengan membayar sebesar Rp. 150.000,-.

 

Jam operasional obyek wisata Museum Bali Denpasar

Agar acara kunjungan Anda berjalan dengan lancar, berikut ini adalah jam operasional obyek wisata ini.

  • Hari Minggu – Kamis: pukul 08.00 WITA – 15.00 WITA
  • Hari Jumat: pukul 08.00 WITA – 12.30 WITA
  • Sabtu, hari libur nasional, dan hari raya: TUTUP

 

Alamat obyek wisata Museum Bali Denpasar

Museum  Bali ini berada di kota Denpasar sehingga dapat diakses dengan  mudah apalagi bila Anda berada di tengah kota. Alamat lengkapnya adalah di jalan Mayor Wisnu Denpasar Bali 80232. Berikut adalah petunjuk arahnya  bagi Anda.

 

Rute menuju obyek wisata Museum Bali Denpasar

Di sebelah utara museum tersebut terdapat sebuah pura besar yang bernama Pura Jagatnatha yang juga merupakan obyek wisata populer di tempat tersebut. Ini adalah penanda yang paling jelas karena semua orang mengetahui letak obyek wisata religi tersebut. Sementara di bagian depan Museum Bali terdapat sebuah lapangan luas dengan nama lapangan Puputan Badung dengan patung Catur Muka atau empat wajah. Bila Anda berangkat dari bandara Ngurah Rai maka jaraknya adalah sekitar 15 km. Waktu yang Anda butuhkan lebih kurang 1 jam berkendara dengan mobil karena sering terjadi kemacetan di pusat-pusat kota  Denpasar. Bila Anda lebih suka menumpang transportasi umum, Anda bisa naik angkutan umum yang menuju ke kawasan Denpasar.

 

Dengan membayar harga tiket masuk museum bali Anda bisa melihat-lihat koleksi berharga di Museum Bali yang tersimpan dalam 4 kompleks gedung yaitu Gedung Tabanan, Gedung Karangasem, dan Gedung Buleleng. Koleksi-koleksi tersebut antara lain:

  • Benda-benda kuno bernilai seni yang kerap digunakan masyarakat Bali dalam berbagai ritual keagamaan dan tradisional.
  • Peti jenazah yang terbuat dari batu.
  • Prasasti atau naskah kuno yang berkaitan dengan Pura di Bali
  • Lukisan wayang kulit.
  • Alat-alat bertani, senjata, dan peralatan upacara ritual keagamaan.
  • Dan lain-lain.

Ide awal dibangunnya museum negeri propinsi Bali datang dari seorang Belanda  yang pernah bertugas di Bali sebagai asisten reside Bali Selatan yaitu W.F.J Kroon. Yang menjadi arsitek pembangungan museum ini adalah 3 orang Bali yaitu I Gusti Gede Ketut Kandel, I Gusti Ketut Rai, dan seorang warga Negara Jerman Curt Grundler. Dana pembangunan museum tersebut diperoleh dari raja-raja Bali yang masih berkuasa saat itu, yaitu Raja Tabanan, Raja Karangasem, dan Raja Buleleng, sementara yang bertugas untuk menentukan koleksi isi museum adalah W.T Sttuterhim yang menjabat sebagai kepala dinas purbakala Bali.

Nah, semoga informasi tentang harga tiket masuk museum bali ini  bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *