Harga Tiket Masuk Museum Batik Yogyakarta

Harga tiket masuk museum batik Yogyakarta – Bila ingin berwisata yang tidak mainstream di kota Yogyakarta berarti Anda harus berkunjung ke Museum batik Yogyakarta yang terletak tak terlalu jauh dari pusat kota. Pada obyek wisata ini Anda bisa menyaksikan beragam jenis kain batik dari berbagai daerah di tanah air, mulai dari Batik Yogyakarta, Indramayu, hingga berbagai daerah penghasil batik lainnya. Benda-benda seni yang menjadi koleksi museum ini antara lain adalah, kain sarung batik, kain panjang, dan masih banyak lagi hingga saat ini sudah ada lebih dari 400 lembar kain batik yang berada di tempat ini. Koleksi tertua kain batik di sini adalah batik tulis yang dibuat di tahun 1700-an. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan dari dekat beragam peralatan yang dipergunakan untuk membatik. Inilah informasi harga tiket masuk museum batik Yogyakarta bagi Anda yang berminat untuk berkunjung.

 

Informasi harga tiket masuk museum batik Yogyakarta

Untuk bisa menikmati koleksi yang berharga ini Anda harus membayar harga tiket masuk museum batik Yogyakarta sebesar Rp. 20.000,- untuk semua kalangan. Bila Anda ingin mengikuti kelas membatik ada biaya tambahan sebesar Rp. 40.000,-. Harga tersebut untuk  berlatih membatik selama satu jam.

 

Jam operasional obyek wisata Museum Batik Yogyakarta

Untuk jam operasional resmi obyek wisata ini adalah mulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB setiap hari mulai hari Senin sampai Sabtu. Pada hari minggu museum tutup. Bila ingin berwisata secara rombongan atau study tour sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan pelayanan dan fasilitas  yang memadai.

 

Alamat resmi obyek wisata Museum Batik Yogyakarta

Alamat resmi tempat wisata ini adalah di jalan DR. Sutomo Nomor 13 A  Bausasran Yogyakarta. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap Anda bisa menghubungi nomor telepon Telp: +62-274-562338.

 

Rute menuju obyek wisata Museum Batik Yogyakarta

Bila Anda sudah berada di jalan Malioboro berkendaralah ke arah selatan menuju jalan Pajeksan lalu berbeloklah ke kiri setelah melewati toko Mas Berkah. Lanjutkan perjalanan ke jalan Juminahan dan terus sampai jalan Bausasran. Berbeloklah ke kiri setelah melewati toko Kita dan terus berkendaralah mengikuti jalan Dr. Sutomo. Setelah melintasi bangunan LPK Unigama Anda akan menemukan gedung museum yang berada di sebelah kiri jalan.

 

Jumlah koleksi yang ada di museum ini mencapai hingga 1219 yang terdiri dari:

  1. 500 lembar kain batik
  2. 600 motif cap batik
  3. 124 buah canting (pena untuk membatik)
  4. Perlengkapan membatik yang terdiri dari wajan, pewarna alam, pacar air, anglo, kayu pohon tegeran, kulit pohon mengkudu dan getah pohon pinus.
  5. Kain batik yang telah difungsikan sebagai kain panjang, sarung, taplak meja untuk menutup meja saji, dan selendang.
  6. Kain batik karya Van Zuylen
  7. Kain batik karya Oey  Soe Tjoen
  8. Kain batik kuno beragam corak yang dibuat di tahun 1700-an.
  9. Sulaman yang dibuat oleh Dewi Nugroho di tahun 1980. Beliau adalah pendiri museum ini.
  10. Sulaman terpanjang yang mendapat penghargaan dari MURI dengan ukuran 400 cm X 90 cm.

 

Museum ini dahulu sebenarnya dibentuk secara mandiri oleh warga Yogyakarta, yaitu Hadi Nugroho dan  Dewi Sukaningsih yang ingin melestarikan budaya batik tradisional agar tak sampai hilang karena perubahan pola produksi kain batik secara modern. Mereka khawatir bahwa kaidah seni dan membatik akan hilang seiring dengan semakin banyaknya penggunaan teknik printing pada industry tekstil. Museum tersebut akhirnya dikelola oleh pemerintah Yogyakarta di tahun 1979.

 

Nah, semoga ulasan tentang obyek wisata sekaligus harga tiket masuk museum batik Yogyakarta ini bermanfaat bagi Anda.

Incoming search terms:

  • harga tiket di museum batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *