Harga Tiket Masuk Museum Keraton

Harga Tiket Masuk Museum Keraton – Bila berbicara tentang kota Yogyakarta memang seolah tak ada habisnya terutama sebagai tempat tujuan wisata baik wisata alam maupun budaya. Salah satunya tentu adalah  Keraton Yogyakarta atau museum Keraton yang tak hanya terlihat menakjubkan dari segi arsitekturnya tetapi juga beragam barang koleksinya. Lokasinya yang berada di tengah kota Yogyakarta akan dengan mudah diakses oleh wisatawan beragam kalangan.  Dan bila Anda mempunyai kesempatan untuk berlibur ke Yogyakarta jangan sampai melewatkan untuk singgah di kerajaan terakhir dari seluruh kerajaan di pulau Jawa tersebut. Inilah ulasan tentang harga tiket masuk museum keraton dan aktifitas wisata yang bisa Anda lakukan.

 

Informasi harga tiket masuk museum keraton

Untuk melihat-lihat seluruh koleksi museum ini Anda cukup membayar harga tiket masuk museum keraton sebesar Rp. 10.000,- saja sementara untuk wisatawan mancanegara harus membayar tarif tiket sebesar Rp. 12.500,-.

 

Jam operasional Museum Keraton Yogyakarta

Anda bisa berkunjung ke museum mulai pukul 07.00 WIB – 12.00 WIB. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni tradisional secara langsung setiap pukul 09.00 WIB. Sebaiknya Anda datang pagi-pagi mengingat jam buka museum ini tergolong pendek.

 

Alamat resmi Museum Keraton Yogyakarta

Lokasi wisata museum ini berada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Rute menuju Museum Keraton Yogyakarta

Museum ini sangat mudah diakses karena berada di sebelah selatan Alun-Alun Selatan kota Yogyakarta yang jaraknya hanya sekitar 50 meter dari jalan Malioboro atau jalan Margo Mulyo. Bila Anda berada di stasiun Tugu, berjalanlah kea rah selatan lalu melintasi perempatan jalan Malioboro hingga bertemu lapangan luas Alun-Alun Utara. Museum sudah terlihat dari lokasi tersebut. Bila Anda masih bingung Anda bisa bertanya pada masyarakat setempat, karena tak ada penduduk lokal yang tak mengetahui letak keraton.

 

Di sini Anda bisa melihat secara langsung barang-barang milik kerajaan seperti kereta kencana yang digunakan raja-raja terdahulu, lukisan, benda-benda pusaka yang dikeramatkans seperti berbagai senjata dan pusaka, perangkat alat music tradisional, hingga benda-benda yang merupakan hadiah dari beberapa kerajaan Eropa. Selain itu Anda juga bisa menikmati keindahan arsitektur istana yang unik dan khas dengan nuansa Jawa-nya.  Tak hanya dilihat Anda juga diperbolehkan berfoto dengan background benda-benda koleksi museum ini. Untuk berfoto di sekitar lokasi Anda cukup membayar sebesar Rp. 1000,- saja. Murah sekali, bukan? Museum Keraton sangat cocok menjadi tempat tujuan wisata para backpacker yang ingin berwisata hemat.

 

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya Anda juga dapat menyaksikan pagelaran seni di Museum Keraton ini. Pagelaran-pagelaran tradisional tersebut antara lain adalah music dan gamelan, wayang golek menak, tari-tarian tradisional, pembacaan macapat, wayang kulit, dan wayang orang.

 

Untuk beriwisata di lokasi pengunjung diwajibkan berperilaku sopan dan menjaga ketertiban. Jangan sampai menyentuh apalagi merusak benda-benda koleksi museum yang hanya ada satu-satunya. Selalu cermat terhadap papan petunjuk karena bisa saja Anda secara  tak sengaja melanggar peraturan, seperti merokok, menduduki bangsal kencono dan area di sekitarnya, melemparkan uang ke dalam sumur, atau yang lainnya. Intinya di sini wisatawan bisa leluasa menikmati beragam koleksi museum atau menonton pertunjukan tradisional asalkan menjaga kesopanan dan ketertiban.

 

Nah, semoga informasi tentang harga tiket masuk museum keraton serta sekilas ulasan tentang koleksinya ini bisa menjadi referensi  terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *