Harga Tiket Masuk Museum Majapahit

Harga tiket masuk museum majapahit – Kita semua tentu mengetahui bahwa Majapahit adalah kerajaan terbesar di Asia Tenggara yang berdiri pada abad ke 13 sampai 15, atau sekitar 2 abad. Di kota Mojokerto terdapat sebuah museum yang menyimpan koleksi barang-barang bersejarah dari zaman Kerajaan Majapahit di sini Anda bisa menikmati melihat dari dekat benda-benda kuno pada masa tersebut berupa prasasti, artefak, arca, senjata tradisional, hingga sarana kesenian tradisional. Untuk harga tiket masuk museum majapahit pun tergolong sangat terjangkau bahkan sangat murah untuk dapat melihat-lihat seluruh benda-benda kuno yang berharga ini.

 

Informasi harga tiket masuk museum majapahit

Berikut ini adalah informasi tentang harga tiket masuk museum majapahit:

Umum                           : Rp. 2.500,-

Pelajar/mahasiswa         : Rp. 1.500,-

Anak-anak                     : Rp. 1.500,-

Wisatawan asing           : Rp.  5.000,-

 

Jam operasional Museum Majapahit

Bila ingin berkunjung ke museum ini perhatikan jadwal dan jam operasional obyek wisata ini.

Senin – Kamis               : 07.30 WIB – 16.00 WIB

Jumat                           : 07.30 WIB – 11.30 WIB

Sabtu                           : 07.30 WIB – 13.30 WIB

Minggu dan hari libur nasional museum tutup

 

Alamat resmi Museum Majapahit

Untuk alamat resmi  Museum Majapahit ini adalah di Jalan Raya Trowulan, Dusun Unggahan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

 

Rute menuju Museum Majapahit

Untuk  mengakses lokasi ini menggunakan kendaraan umum tidaklah sulit. Bila Anda dari terminal Bungurasih Surabaya, Anda bisa naik bus jurusan Jombang dan turun di perempatan Trowulan. Atau sebaliknya bila Anda dari arah Jombang Anda bisa menumpang bus jurusan Surabaya dan turun di perempatan Trowulan. Setelah itu Anda bisa naik ojek sejauh 2 km ke arah selatan atau angkutan kota yang akan turun langsung di depan museum. Setelah melewati kolam besar, pada sisi kiri jalan Anda akan melihat museum tersebut.

 

Koleksi museum ini dapat dikatakan cukup lengkap dan terbagi menjadi beberapa kategori yaitu masa prasejarah, klasik atau era Hindu Budha, Islam, dan masa penjajahan. Di tahun 2007 museum ini bahkan telah ditetapkan sebagai PIM atau Pusat Informasi Majapahit. Di sini Anda juga akan mendapatkan gambaran bagaimana kehidupan masyarakat pada zaman tersebut yang berkaitan dengan politik dan ekonomi dengan koleksi berupa kelereng tanah liat dan mata uang kepeng. Dengan uang-uang itulah masyarakat di kawasan Majapahit menjalin hubungan perdagangan dengan para pedagang dari Tiongkok.

 

Museum ini ternyata dibangun jauh sebelum kemerdekaan Indonesia yaitu pada tahun  1926 yang dahulu merupakan tempat penyimpanan benda-benda yang diteliti oleh OVM atau Oudheidkundige Vereeneging Majapahit. Badan ini dibentuk oleh bupati Mojokerto pada waktu itu yaitu Kanjeng Adipati Ario Kromodjojo Adinegoro yang bekerja sama dengan ilmuan berkebangsaan Eropa Ir. Henri Mclaine Pont. Pada kompleks museum ini terdapat beberapa ruangan yaitu, ruangan persiapan, ruang pamer utama, ruang pemer sementara, ruang penyimpanan koleksi, ruang perpustakaan, ruang multimedia, ruang laboratorium,  studio reparasi, dan museum terbuka.

Dengan membayar harga tiket masuk museum majapahit  yang sangat murah tersebut, pada museum dengan luas lahan 57.625 meter persegi ini Anda akan dapat melihat-lihat dan mempelajari berbagai koleksi benda-benda kuno yang menggambarkan budaya masyarakat pada zaman tersebut. Selain menyimpan barang-barang koleksi dari kerajaan Majapahit, di sini Anda juga dapat melihat-lihat koleksi barang-barang kuno peninggalan beberapa kerajaan di Jawa Timur, seperti Singasari, Kahuripan, dan Kediri. Jangan ragu untuk segera berkunjung di akhir pekan ini.

Incoming search terms:

  • harga tiket museum trowulan
  • tiket masuk ke museum trowulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *