Informasi Tentang Benda Koleksi Dan Harga Tiket Masuk Museum Mulawarman

Harga tiket masuk museum mulawarman – Salah satu destinasi wisata wajib yang tak boleh terlewatkan saat Anda berkunjung ke Provinsi Kalimantan Timur adalah Museum Mulawarman Tenggarong yaitu ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara. Kompleks museum ini terdiri dari beberapa bagian yaitu Museum Mulawarman, Makam Sultan dan keluarga kerajaan, serta toko pusat cinderamata dan pusat oleh-oleh. Inilah informasi tentang benda-benda koleksi museum tersebut sekaligus harga tiket masuk museum mulawarman.   Informasi harga tiket masuk museum mulawarman Untuk masuk ke kompleks museum ini pengunjung harus membayar harga tiket masuk museum mulawarmanBerikut ini rinciannya: Dewasa                                    : Rp. 3.500,- Anak-anak/pelajar                      : Rp. 1.500,- Wisatawan mancanegara            : Rp. 5.000,-   Jam operasional Museum Mulawarman Jam operasional atau buka dan tutup obyek wisata sejarah ini adalah dari pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB. Museum ini hanya libur di hari jumat, selain hari-hari biasa museum akan tetap dibuka pada hari sabtu, minggu, bahkan pada hari-hari libur  nasional.   Alamat resmi Museum Mulawarman Untuk alamat  resmi obyek wisata sejarah ini adalah di jalan Tepian Pandan, Panji,  Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur  75513.   Rute menuju Museum Mulawarman Untuk mengakses obyek wisata ini dari arah Samarinda atau Bontang, Anda bisa berkendara melintasi jalan Pangeran Antasari dan  lurus mengikuti jalan hingga  tiba di Tenggarong Seberang. Anda harus menyeberang dengan kapal feri dengan biaya Rp. 20.000,-. Setelah tiba di seberang berikutnya berkendaralah menuju jalan Diponegoro yang merupakan lokasi Museum tersebut.   Benda-benda yang menjadi koleksi museum ini adalah:

  • Singgasana – Singgasana yang menjadi tempat duduk Raja dan Ratu ini terbuat dari kayu dengan jok dan sandaran berlapis empuk dengan bungkus kain berwarna kuning. Perancang singgasana ini adalah seorang berkebangsaan Belanda, Ir Vander Lube sehingga desainnya sangat khas Eropa.
  • Lembu Swana – Ini adalah patung yang mengambil bentuk tunggangan Batara Guru. Penampakannya adalah seekor lembu dengan muka gajah, bersayap seperti burung, bertanduk seperti sapi, berkepala raksasa, dan bertaji juga berkukuh seperti ayam jantan. Pada patung ini terdapat berbagai ragam hias yang menambah keindahannya.
  • Kalung Uncal – Atribut ini selalu dikenakan pada waktu-waktu istimewa di kerajaan Kesultanan Kutai Kertanegara, misalnya penobatan raja, perayaan ulang tahun kelahiran raja serta perayaan penobatan, dan lain-lain.
  • Meriam Sapu Jagad – Meriam ini merupakan peninggalan Belanda.
  • Prasasti Yupa – Prasasti ini adalah replika dari Prasasti Yupa yang tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Prasasti ini merupakan bukti tertulis pertama yang ditemukan dan menandai zaman sejarah  di tanah air. Prasasti ini bertuliskan aksara Pallawa dalam bahasa Sansekerta.
  • Gamelan Yogyakarta – Seperangkat gamelan ini merupakan hadiah dari Keraton Yogyakarta di tahun 1855.
  • Arca Hindu.

 

  • Seperangkat furniture untuk ruang tamu berupa meja peninggalan Kesultanan Bulungan.
  • Ulap Doyo – Ini adalah hasil kerajinan tradisional suku Dayak Benuaq.
  • Minirama yang menggambarkan sejarah Kerajaan Kutai kartanegara yang dimulai dari kelahiran Aji Batara Agung Dewa Sakti yang merupakan raja pertama Kutai Kartanegara serta kelahiran Putri Karang Melenu yang kelak menjadi permaisurinya.
  • Mata uang kuno dan alat tukar lainnya dalam perdagangan pada zaman tersebut.
  • Koleksi keramik dari Cina, Jepang, Thailand, dan Vietnam.
  • Minirama yang menggambarkan kehidupan masyarakat khas Kalimantan.
  • Dan lain-lain.

Hanya dengan membayar harga tiket masuk museum mulawarman Anda bisa menyaksikan koleksi berharga ini secara langsung. Setelah itu jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh di toko souvenir yang berada di kompleks museum.

Incoming search terms:

  • harg tiket masuk museum kutai samarinda
  • harga tiket masuk museum mulawarman tenggarong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *