Harga Tiket Masuk Museum Polri

Harga tiket masuk museum polri – Melancong pada waktu liburan telah menjadi kebiasaan yang hampir tak terpisahkan dari masyarakat modern sebagai upaya untuk menyegarkan pikiran setelah penat karena rutinitas harian. Bila ingin acara liburan Anda bersama keluarga mempunyai nilai plus cobalah untuk menjelajahi museum-museum di kota Anda,  seperti misalnya Museum Polri bagi mereka para penduduk ibukota. Bangunan museum ini dirancang dengan elok serta diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2009. Acara peresmian tersebut digelar tepat di hari ulang tahun POLRI. Anda penasaran ingin mengetahui harga tiket masuk museum polri? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Informasi harga tiket masuk museum polri

Berkunjung ke Museum Polri Anda tak perlu membayar harga tiket masuk museum polri sehingga cocok sekali bagi Anda para backpacker yang ingin berwisata hemat.

 

Jam operasional Museum POLRI

Bila ingin berkunjung ke museum POLRI ini perlu bagi Anda untuk mengetahui jadwal dan jam operasional lokasi wisata. Jadwal kunjungan ke museum POLRI adalah hari Selasa – Minggu, mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB.

 

Alamat resmi Museum POLRI

Untuk alamat resmi museum POLRI ini adalah di jalan Trunojoyo nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anda bisa menghubungi nomor telepon 021 7210654 untuk memperoleh informasi lebih lengkap.

 

Rute menuju Museum POLRI

Lokasi museum ini cukup mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Museum ini berada tepat di kawasan Mabes POLRI. Pengunjung bisa dengan mudah mengenali gedung ini dengan keberadaan Patung Polisi, Panser, dan Helikopter. Dengan transportasi umum Anda bisa naik  Bus kota P13A, P98, P38, S619,dan S618 dan turun di jalan Trunojoyo. Dari jalan tersebut dengan mudah Anda bisa melihat bangunan museum.

 

Ruang pamer museum berada di lantai dasar, di bagian tengah ruangan dipajang kendaraan roda dua yang pernah menjadi kendaraaan dinas polisi yaitu sepeda onthel atau kereta angin, sepeda motor, hingga motor patrol polisi tandem. Kendaraan yang disebut terakhir ini dahulu digunakan selama masa pendudukan kolonialisme dan selama akhir tahun 40-an atau revolusi kemerdekaan. Di museum ini pula Anda bisa menyaksikan beragam persenjataan serta peralatan polisi. Koleksi-koleksi yang menjadi kebanggan museum ini adalah senapan Mesin Berat model HMG/SG43 produksi uni soviet pada tahun 1946. Senjata ini pernah digunakan oleh Resimen II BriMob Jabar selama perang di Papua pada tahun 1963. Ada pula koleksi Roket SPG 82 yang juga dibuat di Uni Soviet pada tahun 1946.

 

Dengan membayar harga tiket masuk museum polri Anda juga bisa menyaksikan saksi bisu pembunuhan keji para pahlawan revolusi kita. Saksi tersebut adalah sepeda kumbang milik Soekitman.  Di malam 30 september 1965 Soekitman mendengar suara tembakan di kediaman Jenderal DI Panjaitan dan bergegas mengayuh sepedanya ke sumber suara tersebut. Tetapi Soekitman kemudian dihadang dan dibawa ke Lubang Buaya. Di sinilah ia menyaksikan pembantaian para pemimpin TNI.

 

Jangan lewatkan untuk menyaksikan Hall of Fame yang berada di lantai 1, di sini adalah koleksi kutipan dan foto dari para mantan Kepala Kepolisian RI. Pengunjung sering berlama-lama di lokasi Hall of Fame ini untuk membaca kata-kata mutiara tersebut sebagai inspirasi. Di lantai 2 adalah ruang kesatuan  untuk menyimpan atribut dan seragam kesatuan polisi, ruang symbol kepolisian atau tanda pangkat, ruang kepahlawanan yang berisi koleksi dokumentasi foto, ruang penegakan hukum, ruang laboratorium forensic dan sidik jari, serta ruangan khusus untuk anak-anak atau kid corner.

 

Nah, semoga informasi tentang harga tiket masuk museum polri  ini bermanfaat bagi Anda.

Incoming search terms:

  • tiket masuk museum polri
  • museum polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *