Harga Tiket Masuk Museum Proklamasi

Harga Tiket Masuk Museum Proklamasi – Gedung yang digunakan sebagai Museum Proklamasi ini dibangun sekitar tahun 1920-an. Arsitek yang membangunnya adalah J.FL Blankenberg, berkewarganegaraan Belanda dan arsitekturnya bergaya Eropa. Harga tiket masuk Museum Proklamasi yang murah dan bangunannya yang menyimpang banyak benda bersejarah, membuat banyak wisatawan datang ke sini. Tentunya, gedung ini juga tidak bisa lepas dari peristiwa yang sangat penting di dalam sejarah Indonesia karena dijadikan tempat perumusan proklamasi. Sehingga koleksinya benar-benar akan membuat Anda kembali ke era kemerdekaan.

Harga Tiket Masuk Museum Proklamasi

Sebelum kami sebutkan harga tiket masuk Museum Proklamasi, Anda perlu tahu jika semasa pendudukan Jepang, bangunan ini digunakan sebagai kediaman dari Laksamana Muda Tadashi Maeda, seorang kepala kantor penghubung antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut Jepang. Bahkan, usak kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, gedung ini masih menjadi kediamannya hingga sekutu datang ke Indonesia pada September 1945. Usai Jepang kalah, gedung ini kemudian menjadi Markas Tentara Inggris.

Untuk harga tiket masuk Museum Proklamasi, tentu sangat murah karena bertujuan agar semakin banyak wisatawan yang mengenal serta mengerti betul bagaimana perumusan proklamasi era kemerdekaan. Untuk harganya, silahkan lihat di bawah ini;

  • Anak-Anak: Rp. 1.000
  • Dewasa: Rp. 2.000
  • Turis Mancanegara: Rp. 10.000

Jika datang rombongan dengan jumlah minimal 30 orang, maka harganya jauh lebih murah, yakni;

  • Dewasa: Rp. 1.000
  • Anak-Anak: Rp. 500

Jam Operasional Museum Proklamasi

Museum ini sangat menarik banyak pengunjung terutama para pelajar yang ingin mengenal sejarah proklamasi di Indonesia. Sehingga sangat cocok sebagai wisata edukasi dan bukan hanya wisata sejarah semata. Apalagi, di dalam museum ini juga terdapat banyak peninggalan, patung dan juga suasana yang menggambarkan bagaimana perumusan proklamasi dibuat. Anda akan terkejut dengan suasana yang digambarkan di museum tersebut dengan peristiwa penting yakni pembacaan proklamasi oleh Soekarno.

Jika Anda ingin datang ke museum ini, selain harga tiket masuk Museum Proklamasi, Anda juga harus tahu jam operasionalnya. Museum ini buka dari mulai hari Selasa sampai Minggu. Setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu dan Minggu museum ini buka dari 08.00 – 16.00 WIB. Hari Jumat buka dari 08.00 – 11.30 dan buka kembali dari 13.00 – 16.30 WIB. Hari Senin dan Libur Nasional, museum tutup.

Alamat Museum Proklamasi

Museum ini lokasinya juga strategis mengingat dari zaman dulu atau era kemerdekaan, bangunannya sudah beralih fungsi beberapa kali dan digunakan oleh orang-orang penting. Lokasinya berada di Jln. Imam Bonjol No.1, Jakarta Pusat. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mencari alamat tersebut.

Rute ke Museum Proklamasi

Anda bisa langsung menuju Taman Suropati karena museum ini berada di dekat taman tersebut. Jika dari Stasiun Sudirman, jalan menuju arah Manggarai (bukan arah Sudirman), lalu menuju Taman Sunda Kelapa dilanjut ke Taman Suropati. Jika pakai kendaraan umum, bisa naik Patas AC 76 Jurusan Senen – Ciputat, Patas AC 16 jurusan Rawamangun – Lebak Bulus, Bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu Grogol dan Patas AC 11 Pulo Gadung – Grogol. Semua jurusan tersebut akan berhenti di halte museum.

Jika Anda datang ke sini, akan ada banyak sekali informasi dan cerita tentang perumusan proklamasi yang sebelumnya Anda tidak ketahui. Harga tiket masuk Museum Proklamasi yang sangat murah dan lokasinya yang mudah dijangkau apalagi bisa gunakan Google Map atau transportasi online, seharusnya membuat Anda semakin bersemangat untuk datang ke sini. Selamat menjelajah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *