Harga Tiket Masuk Museum Sejarah Jakarta

Harga Tiket Masuk Museum Sejarah Jakarta – Museum Sejarah atau mungkin lebih sering dikenal sebagai Museum Fatahilah karena berada di Jalan Fatahilah awalnya adalah bangunan bekas Stadhuis atau Balai Kota. Sebelum membahas detail tentang harga tiket masuk museum sejarah Jakarta, Anda perlu tahu jika pembangunan gedung tersebut selesai di tahun 1712 atas perintah penguasa Belanda Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Sedangkan peresmiannya dilakukan oleh Gubernur Jenderal Abraham van Riebeeck. Kemudian setelah dibeli, beralih fungsi menjadi museum sejarah pada tanggal 30 Maret 1974.

Harga Tiket Masuk Museum Sejarah

Di dalam museum tersebut ada ratusan koleksi yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Bahkan, jika Anda membayar harga tiket masuk museum sejarah Jakarta, Anda akan melihat Prasasti Ciaruteun dari Kerajaan Tarumanegara, Meriam Portugis tua yang disebut Si Jagur, Patung Dewa Yunani Hermes hingga Mimbar dari Kampung Masjid Baru termasuk juga Penjara bawah tanah dimana Untung Suropati pada tahun 1670 dan Pangeran Diponegoro pada tahun 1830 ditahan.

Anda akan tahu lebih detail jika membayar tiket masuknya. Adapun untuk harga tiket masuk museum sejarah Jakarta sangat murah karena untuk pengunjung dewasa hanya dikenai biaya sekitar Rp 5.000 dan anak-anak atau pelajar Rp 2.000 sedangkan untuk mahasiswa sekitar Rp 3.000. Tentunya, harga bisa berubah sewaktu-waktu tetapi tidak akan jauh dari nominal yang telah disebutkan. Jika ingin lebih murah lagi, datanglah bersama dengan rombongan.

Jam Operasional Museum Sejarah

Museum yang memiliki nilai sejarah yang sangat kental ini buka setiap hari dengan waktu yang berbeda-beda. Coba lihat jadwal operasionalnya berikut ini;

  • Hari Selasa, Rabu, Kamis dan Minggu, museum buka dari mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB
  • Hari Jumat buka dari mulai pukul 09.00 WIB sampai 13.30 WIB
  • Hari Sabtu buka dari mulai pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB.
  • Sedangkan untuk hari Senin dari hari besar, museum tutup.

Alamat Museum Sejarah

Jika Anda ingin membeli harga tiket masuk museum sejarah Jakarta, datanglah ke lokasi museum yang ada di Jln Taman Fatahillah No.1 Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Nantinya, Anda akan melihat bangunan yang besar seluas 1,3 hektar. Karena dibangun oleh masa pemerintahan Belanda, desainnya juga mirip dengan Istana Dam yang ada di Kota Amsterdam. Lokasinya juga sangat strategis karena berada di Kota Tua Jakarta.

Jika Anda datang ke museum tersebut, Anda akan terhibur dengan suasana Kota Tua yang menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Jakarta. Jadi, selain menghabiskan waktu di museum, Anda juga bisa menghabiskan waktu di Taman Fatahillah yang sangat terkenal itu. Anda bisa berfoto ria dan melakukan banyak hal. Desain Kota Tua juga sangat artistik. Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini tiap harinya apalagi saat weekend.

Rute Ke Museum Sejarah

Rute untuk menuju museum ini sangat banyak sekali dan sangat mudah untuk dijangkau. Ya, letaknya yang ada di Kota Tua atau dekat dengan Stasiun Kota Jakarta, membuat para pengunjung mudah untuk datang ke museum tersebut. Baik dari stasiun, bandara atau terminal, Anda bisa langsung menuju Kota Tua. Lebih mudah lagi dengan transportasi online. Anda bisa langsung diantar hingga Kota Tua. Jika menggunakan kendaraan pribadi, manfaatkan aplikasi Google Map.

Rute yang mudah diikuti, lokasinya yang strategis dan koleksinya yang sangat bernilai, membuat museum Fatahillah tidak pernah sepi dari para pengunjung. Apalagi, harga tiket masuk museum sejarah Jakarta juga sangat murah dan terjangkau untuk siapa saja. Dijamin Anda tidak akan menyesal untuk datang ke museum tersebut. Ayo ke Kota Tua dan jelajahi Museum Sejarah ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *