harga tiket masuk museum taman prasasti

Harga tiket masuk museum taman prasasti – Tahukah Anda bahwa di ibukota ada sebuah museum yang cukup unik dan seru untuk dikunjungi karena koleksinya yang berupa nisan dan prasasti. Bukan sembarang nisan atau prasasti melainkan yang berhubungan dengan latar belakang sejarah Jakarta, terutama pembuatan nisan makam dari abad ke-17 sampai ke-20. Bangunan utama museum ini yang dibangung di tahun 1844 juga merupakan bagian penting dalam sejarah tanah air. Di sini Anda bisa menyaksikan peti jenazah Bung Karno serta Bung Hatta, makam Andries Brandes, makam Soe Hok Gie, dan lain-lain. Selain koleksinya yang unik Museum Taman Prasasti ini juga mempunyai arsitektur klasisisme neo-gothic serta Hindu-Jawayang sangat menarik. Inilah informasi harga tiket masuk museum taman prasasti untuk menambah referensi Anda.

 

Informasi harga tiket masuk museum taman prasasti

Untuk harga tiket masuk museum taman prasasti ini pengunjung dewasa harus membayar Rp. 5.000,- per orang, untuk mahasiswa sebesar Rp. 3.000,-per orang, dan anak-anak sebesar Rp. 2.000,- per  orang.

 

Jam operasional obyek wisata Museum Taman Prasasti

Jam buka dan tutup obyek wisata ini adalah:

  • Selasa – Minggu           :           pukul 09.00 – pukul 15.00 WIB
  • Senin                            :           tutup
  • Hari libur nasional          :           tutup

 

Alamat resmi obyek wisata Museum Taman Prasasti

Lokasi museum ini berada di Taman Prasasti di Jl. Tanah Abang No.1 Jakarta Pusat. Museum ini berada tidak jauh dari Museum Nasional dan berada tepat di belakang Gedung Mahkamah Konstitusi.

 

Rute menuju obyek wisata Museum Taman Prasasti

Untuk menemukan lokasi wisata ini bila menggunakan kendaraan pribadi Anda bisa mengandalkan teknologi GPS, yaitu pada -6.172278, 106.819446Waze. Bila ingin menumpang transportasi umum Anda  bisa naik bus trans Jakarta dari halte yang paling dekat dengan domisili Anda dan turun di halte Monas. Berikutnya berjalan kaki pada jalan di samping museum sampai perempatan kemudian belok kanan sampai menemukan jalan Tanah Abang 1, berikutnya belok kiri sampai tiba di obyek wisata.

 

Dengan harga tiket masuk museum taman prasasti yang cukup terjangkau, Anda pasti bisa memperoleh pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan. Awalnya Museum Taman Prasasti Jakarta ini adalah kompleks makam Belanda yang disebut Kerkhof Laan atau  Makam kebon Jahe Kober. Luas tanah makam ini mencapai 5.5 hektar tersebut dibangun di tahun 1795 untuk menggantikan makam yang berada di samping gereja Nieuw Hollandsche Kerk. Makam tersebut dipindahkan karena kebijakan dari Gubernur Daendels yang melarang untuk memakamkan jenazah pada tanah pribadi dan sekitar gereja. Karena tak ada lagi lahan kosong yang tersisa, seluruh kerangka jenazah akhirnya dipindahkan ke Menteng Pulo serta Tanah Kusir dan lahan tersebut dialihfungsikan menjadi Museum Taman Prasasti  Jakarta.

Museum ini menyimpan koleksi berupa prasasti, tugu, nisan, dan makam hingga sekitar 1000-an koleksi. Pada bagian depan terdapat replika prasasti Pieter Erberveld, seorang perwira yang dieksekusi dengan guillotine karena gagal memimpin pemberontakan di tahun 1700-an. Ada pula koleksi berupa kereta jenazah yang digunakan untuk membawa keranda jenazah ke makam. Di museum ini pengunjung juga bisa menyaksikan dari dekat peti jenazah Presiden Soekarno serta Mohammad Hatta. Koleksi yang banyak diminati adalah batu nisan Soe Hok Gie. Berikutnya ada pula nisan Miss Riboet, primadona perkumpulan Opera Komedi Stambul. Yang cukup menjadi icon dari obyek wisata ini adalah patung wanita yang terbuat dari pualam dengan posisi setengah berbaring.

 

Semoga informasi tentang harga tiket masuk museum taman prasasti ini bermanfaat untuk Anda.

Incoming search terms:

  • harga tiket masuk museum taman prasasti
  • berapa duit masuk ke museum prasasti
  • harga tiket taman prasasti
  • Tiket masuk museum prasasti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *