harga tiket masuk museum tb silalahi

Harga tiket masuk museum tb silalahi – Bila Anda ingin mengenal lebih dekat masyarakat Batak serta melestarikan budaya Batak, lokasi yang paling tepat untuk dikunjungi adalah Museum T.B. Silalahi. Museum ini merupakan bagian dari T.B. Silalahi Center, yaitu yayasan nirlaba yang didirikan oleh Letjen (Purn) Dr.Tiupan Bernhard Silalahi pada tahun 2006. Beliau sendiri adalah mantan menteri PAN periode 1993 – 1998. Bagi Anda yang berminat untuk berkunjung ke museum ini berikut adalah informasi tentang harga tiket masuk museum tb silalahi.

 

Informasi harga tiket masuk museum tb silalahi

Untuk bisa menikmati berbagai koleksi di museum ini pengunjung diwajibkan membayar harga tiket masuk museum tb silalahi, yaitu:

  • Dewasa                        :           Rp. 5.000,-
  • Anak – anak                  :           Rp. 3.000,-
  • Wisatawan asing           :           Rp. 50.000,-

 

Jam operasional obyek wisata Museum TB. Silalahi

Selain informasi tentang harga tiket masuk, penting pula bagi Anda untuk mengetahui jam operasional obyek wisata ini, yaitu:

 

Senin – jumat    :           08.00 WIB – 17.00 WIB

Sabtu – Minggu :           08.00 WIB – 18.00 WIB

Hari libur nasional :        08.00 WIB – 18.00 WIB

 

Alamat obyek wisata Museum TB. Silalahi

Untuk alamat resmi obyek wisata ini berada di jalan Pagar Baru Nomor. 88

Desa Silalahi, Pagar Baru, Balige-Tobasa Sumatera Utara

Telepon: 0632 – 21588, Fax: 0632 – 21587

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail Anda bisa mengakses website resminya di www.tbsilalahicenter.org.

 

Bila Anda berada di pusat kota Medan,  untuk mengunjungi museum ini dibutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan. Direkomendasikan menggunakan rute udara yaitu penerbangan menuju bandara silangit di Tapanuli Utara. Berikutnya harus dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju desa Soposurung selama 2 jam waktu tempuh. Ada pula transportasi umum yang dapat menjadi alternatif dari kawasan Simpang Pagar Batu.

 

Dengan membayar harga tiket masuk museum tb silalahi Anda bisa menyaksikan koleksi-koleksi berikut ini, yaitu: Sejarah dan jejak langkah TB. Silalahi yang disebut ruang motivasi. Anda akan disambut dengan foto-foto kepala Negara RI mulai dari presiden pertama Soekarno, hingga presiden yang sekarang, Jokowi. Di ini tersimpan pakaian dinas, tanda kehormatan, bintang jasa, kendaraan pribadi dan dinas, hingga senjata yang pernah digunakan. Selain itu ada pula souvenir dari seluruh penjuru dunia yang didapatkan oleh yang bersangkutan.

 

Pada bagian Museum Budaya Batak, tersimpang koleksi berupa peninggalan-peninggalan etnografi, misalnya rumah adat Batak kuno berusia ratusan tahun, mesin dan kain tenun, alat pertanian, senjata berburu, lemari yang sering digunakan oleh masyarakat Batak, perhiasan, perlengkapan dukun besar atau datu bolon, Tunggal Panaluan atau tongkat sakti orang Batak. Tetapi sebelumnya yang menjadi atraksi utama bagian tersebut adalah Huta Batak, yaitu miniature pemukiman adat Batak yang persis aslinya. Sebenarnya di sinilah sekelompok kecil masyarakat yang masih satu marga tinggal.

 

Dalam bahasa tradisional rumah adat ini disebut Ruma dan sopo yang dibangun saling berhadapan. Perlu diketahui bahwa bangunan-bangunan tradisional ini telah berumur ratusan tahun dan diperoleh dari sumbangan berbagai marga yang berada di kawasan Danau Toba. Pada dinding rumah-rumah adat ini berhiaskan ukiran dengan corak tradisional yang khas. Pola berupa satwa cicak terlihat jelas pada rumah-rumah ini karena mengandung filosofi bahwa hewan ini bila dilempar kemana pun pasti bisa hidup, sehingga masyarakat Batak mampu bertahan di mana pun ia berada. Seru, sekali bukan?

 

Bayangkan, Anda bisa memperoleh pengetahuan yang luar biasa hanya dengan membayar harga tiket masuk museum tb silalahi yang sangat terjangkau.

Incoming search terms:

  • biaya masuk tb
  • museum tb silalahi
  • tiket masuk ke museum tb silalahi
  • Tiket masuk ke tb silalhi
  • tiket masuk museum tb silalahi
  • tiket msk utk pelajarmuseum tb silalahi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *