harga tiket masuk ullen sentalu

Informasi Harga Tiket Masuk Ullen Sentalu

 

Berwisata ke museum tak selalu berkesan membosankan dan hanya merupakan tujuan wisata study tour karena musum Ullen Sentalu yang berada di kota Yogyakarta ini menduduki ranking pertama dari 10 museum yang ada di tanah air sebagai obyek wisata budaya yang paling populer. Lokasi museum ini tepatnya di kawasan Pakem Jalan Boyong Kaliurang Donoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Nama yang terkesan unik ini ternyata adalah kependekatan dari pepatah Jawa yaitu Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang berarti cahaya adalah pemandu manusia melangkah dalam kehidupannya. Unik bukan? Bila Anda penasaran ingin berjalan-jalan ke museum tersebut inilah informasi harga tiket masuk ullen sentalu untuk  Anda.

 

Ulasan tentang harga tiket masuk ullen sentalu

Jam operasional museum ini adalah mulai dari hari selasa sampai minggu, mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuk ullen sentalu:

  • Wisatawan lokal dewasa: 25.000,-
  • Wisatawan lokal anak-anak: 15.000,-
  • Wisatawan asing dewasa: 50.000,-
  • Wisatawan asing anak-anak: 25.000,-

 

Ternyata ada penyebabnya mengapa museum ini didirikan di lereng gunung Merapi karena filosofi masyarakat lokal yang meyakini bahwa gunung tersebut mempunyai unsur keramat atau mistik. Ullen Sentalu dibangun di Taman Kaswargan yang terletak cukup tinggi pada lokasi tersebut. Di sini para pengunjung bisa mengamati dari dekat budaya masyarakat Jawa termasuk kehidupan keluarga kerajaan di Keraton Yogyakarta. Anda bisa menyaksikan dokumentasi foto para Sultan berikut para permaisuri kerajaan. Selain itu ada pula penjelasan tentang beragam kebudayaan tradisional Jawa termasuk berbagai aturan adat yang berkaitan dengan kultur tersebut.

 

Di sini Anda juga bisa melihat-lihat koleksi kain batik kebanggaan masyarakat Indonesia baik dengan gaya Solo atau pun corak Yogyakarta. Koleksi-koleksi museum ini tersimpan pada dua bangunan utama yaitu  Kampung Kambang dan Guwa Selo Giri. Bangunan bawah tanah Guwa Selo Giri adalah lokasi penyimpanan karya-karya lukis yang merupakan dokumentasi dari tokoh-tokoh sentral pada pendudukan Dinasti Keraton Mataram. Sementara Kampung Kambang berbentuk ruangan yang dibangun di atas  kolam air untuk menyimpan koleksi naskah, pakaian adat tradisional Jawa, dan kain batik, hingga arca-arca berciri khas Hindu dan Budha pinjaman dari Dinas Purbakala.

 

Tentunya harga tiket masuk ullen sentalu terbilang cukup terjangkau karena pengunjung bisa melihat dari dekat pusaka warisan leluhur yang berharga ini. Bila ingin bersantap bila sudah lelah mengelilingi museum, Anda bisa mengunjungi restoran Beukenhof yang bernuansa Eropa yang cukup kental terutama dengan arsitektur bangunannya yang dirancang menyerupai puri. Bila ingin membeli oleh-oleh Anda bisa singgah ke toko Souvenir Putri Malu dan memborong barang-barang kerajinan lokal dan tak ketinggalan kain-kain batik bercorak khas Solo atau Yogya.

 

Untuk melihat-lihat berbagai koleksi pada museum ini pengunjung harus ditemani pemandu yang akan membawa Anda menuju ruangan demi ruangan, mulai dari Ruang Selamat Datang, Ruang Putri Dambaan, Ruang Batik Pesisiran, Ruang Batik Vorstendlanden, Ruang Syair Untuk Tineke, Ratu Mas, Ruang Budaya dan Kampung Kambang, Koridor Retja Landa, Guwa Selo Giri, hingga Ruang Seni dan Gamelan. Jadi kita tak bisa menjelajahi sendiri area museum ini dengan bebas.

 

Selain itu pengelola juga menetapkan peraturan yang cukup ketat dengan pelarangan memotret, merekam video, termasuk merekam penjelasan pemandu wisata saat tour mengeliling obyek wisata. Agar acara kunjungan ini berjalan lancar dan nyaman sebaiknya pengunjug memang mengikuti aturan tersebut. Semoga informasi tentang harga tiket masuk ullen sentalu ini bisa menjadi referensi acara travelling Anda di akhir pekan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *