harga tiket masuk wisata tangkuban perahu

Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

 

Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu atau Tangkuban Parahu dapat dikatakan merupakan salah satu icon wisata alam kota Bandung yang popularitasnya tak hanya menyebar di kalangan wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Selain karena cerita legenda terbentuknya gunung yang berada di utara kota Bandung ini, pemandangan alam pegunungan yang ditawarkan oleh destinasi wisata tersebut juga sangat memukau ditambah udaranya yang bersih dan sejuk. Di sini Anda juga bisa menikmati wisata pada area hutan pinus, kebun sayuran, serta kebun teh. Bagi Anda yang penasaran dan ingin menjadi lokasi wisata ini tujuan liburan Anda berikutnya, berikut ini adalah informasi harga tiket masuk wisata tangkuban perahu sekaligus fasilitas yang bisa Anda peroleh.

 

Informasi harga tiket masuk wisata tangkuban perahu

Keunikan gunung yang berbentuk stratovulcano ini adalah penampakannya yang memanjang dan memang miripi perahu raksasa terbalik seakan menjadi bukti bahwa legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang merupakan asal-usul terbentuknya gunung ini sungguh terjadi. Jangan lupa membawa jaket atau baju hangat karena suhu rata-rata harian di siang hari mencapai 17 derajat celcius, sementara di malam hari bisa melorot hingga 2 derajat. Terdapat 3 kawah utama gunung ini  yang dinamakan kawah Upas, Domas, dan Ratu dengan keindahan khasnya masing-masing. Inilah sebabnya tak mengherankan bila obyek wisata ini juga sering menjadi lokasi pemotretan prewedding, pembuatan video klip, hingga syuting film. Anda bisa mengelilingi obyek wisata ini dengan menunggang kuda agar tidak letih.

 

Inilah informasi lengkap harga tiket masuk wisata tangkuban perahu:

Hari biasa (weekdays)

Wisatawan lokal:           Rp. 20.000,-

Wisatawan asing:          Rp. 200.000,-

 

Tarif parkir

Sepeda:                        Rp. 7000,-

Motor:                          Rp. 12.000,-

Mobil:                           Rp. 25.000,-

Bus:                             Rp. 110.000,-

 

Hari libur

Hari biasa (weekdays)

Wisatawan lokal:           Rp. 30.000,-

Wisatawan asing:          Rp. 300.000,-

 

Tarif parkir

Sepeda:                        Rp. 10.000,-

Motor:                          Rp. 20.000,-

Mobil:                           Rp. 35.000,-

Bus:                             Rp. 150.000,-

 

Yang menjadi daya tarik utama obyek wisata ini memang legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya. Cerita singkatnya, alkisah Dayang Sumbi yang seorang bidadari turun ke bumi dan menikah dengan seorang raja kemudian dikaruniai anak bernama Sangkuriang. Karena kenakalannya, Dayang Sumbi akhirnya mengusir Sangkuriang yang pada saat itu masih kanak-kanak. Di saat dewasa ternyata ibu dan anak itu bertemu kembali dan Sangkuriang jatuh  cinta  pada ibu kandungnya sendiri.

 

Dayang Sumbi yang tak ingin membuka rahasia bahwa Sangkuriang adalah putra kandungnya kemudian mengajukan syarat bahwa ia mau diperistri asalkan Sangkuriang sanggup membendung danau dan membuatkannya sebuah perahu hanya dalam waktu semalam. Sangkuriang yang sakti ternyata sanggup memenuhi syarat tersebut dan menjelang fajar pekerjaannya sudah hampir selesai. Dengan kesaktiannya bidadari Dayang Sumbi kemudian memunculkan sinar merah di ufuk timur sehingga seolah-oleh matahari telah terbit. Sangkuriang yang murka kemudian menendang perahu yang hampir selesai itu hingga terbalik sehingga menjelma menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

 

 

Selain menikmati keindahan obyek wisata di sini juga tersedia fasilitas di sekitar obyek wisata berupa rumah makan, cottage, serta toko oleh-oleh agar wisatawan dapat menikmati liburannya dengan nyaman. Inilah beberapa tips wisata Tangkuban Perahu untuk Anda.

  1. Mengingat gunung ini tergolong gunung berapi aktif sesekali akan tercium bau belerang yang cukup menyengat sehingga Anda sebaiknya melengkapi diri dengan masker.
  2. Jangan lupa membawa pakaian hangat, jaket, atau sweater agar tak kedinginan.
  3. Untuk pengunjung yang tiba di lokasi pada sore hari sebaiknya gunakan jasa pemandu bila ingin menjelajah lokasi demi keamanan dan keselamatan pribadi.
  4. Jangan melintasi pagar pembatas saat berada di sekitar kawah untuk mengantisipasi kemungkinan tergelincir dan terjatuh.

 

Demikianlah informasi tentang harga tiket masuk wisata tangkuban perahu sekaligus tips berwisata di Tangkuban Perahu ini, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *