Harga Tiket Museum Fatahillah

Harga tiket museum fatahillah – Nama pahlawan Fatahillah tentu sudah sangat akrab di telinga para penduduk asli Jakarta atau orang Betawi, tetapi tahukah Anda secara detail tentang jejak perjuangannya melawan penjajah di tanah air kita yang tercinta ini? Oleh karena itu di akhir pekan atau musim liburan tak ada salahnya menyempatkan diri untuk singgah di Museum Fatahillah atau Museum Kesejarahan Jakarta yang dahulu digunakan sebagai Balai Kota Batavia (Stadhuis Van Batavia). Di sini  Anda dapat menikmati keindahan arsitektur khas Eropa peninggalan Belanda sekaligus koleksi-koleksi yang menceritakan sejarah ibukota kita. Berikut ini adalah informasi tentang harga tiket museum fatahillah.

 

Informasi harga tiket museum fatahillah

Informasi tentan tarif tiket masuk ke Museum Fatahilllah ini pasti bisa menjadi referensi yang berguna bagi Anda terutama yang gemar berwisata penelusuran jejak sejarah.

  • Dewasa:             5000,-
  • Mahasiswa: 3000,-
  • Pelajar/anak-anak: 2000,-

 

Bila berkunjung dengan berombongan atau grup minimal anggota sejumlah 30 orang Anda bahkan bisa membayar harga tiket museum fatahillah yang lebih murah, yaitu:

  • Dewasa: 3750,-
  • Mahasiswa: 2250,-
  • Pelajar/Anak-anak: 1500,-

 

Jam operasional obyek wisata Museum Fatahillah

Berikut ini adalah jam buka dan tutup obyek wisata Museum Fatahillah:

Selasa – Minggu:          09.00 WIB – 15.00 WIB

Museum ditutup pada hari Senin dan hari libur nasional.

 

Alamat resmi obyek wisata Museum Fatahillah

Untuk alamat resmi obyek wisata Museum Fatahillah ini adalah di Jalan Taman Fatahillah Nomor 1 Jakarta Barat.

 

Rute menuju obyek wisata Museum Fatahillah

Lokasi museum ini berdekatan dengan Stasiun Jakarta Kota. Bila Anda berada di kawasan Monas, berkendaralah melintasi Jalan  Medan Merdeka Barat dan terus menuju Jalan Majapahit, Jalan Harmoni, Jalan Gajah Mada, Pintu Besar Selatan, Pintu Besar Utara, dan Kota Tua. Bila sudah tiba di wilayah tersebut Anda bisa berjalan kaki menuju Museum Fatahillah.

 

Luas museum ini adalah 1.300 meter persegi dan dibangun di tahun 1707-1710. Bentuknya mengambil inspirasi dari istana Dam yang terletak di kota Amsterdam yaitu dengan bangunan utama serta dua sayap pada bagian barat dan timur serta bangunan pendukung yang pada masa tersebut berfungsi sebagai kantor, ruang sidang, sementara pada ruang-ruang bawah tanahnya berfungsi sebagai penjara. Peresmian gedung ini sebagai Museum Fatahillah adalah pada tanggal 30 Maret 1974.

 

Dengan membayar harga tiket museum fatahillah Anda bisa mengamati dari dekat perjalanan sejarah ibukota Jakarta termasuk melihat-lihat replika peninggalan masa Tarumanagara dan Pajajaran. Ada pula benda-benda hasil penggalian arkeologi di Jakarta seperti mebel antik yang konon berasal dari Tiongkok di abad ke 17. Ada  pula koleksi benda bersejarah seperti  keramik,  gerabah, batu prasasti, dan lain-lain. Anda pun bisa menyaksikan koleksi museum yang berhubungan dengan kebudayaan Betawi, numismatic, bahkan becak.

 

Aktifitas wisata lain yang juga cukup seru bagi Anda yang berwisata secara berombongan adalah wisata kampung tua, jelajah malam museum, workshop sketsa gedung tua, nonton pentas seni Jakarta,  nonton bareng film tempo dulu, kunjungan ala tentara Republik Indonesia, dan lain-lain. Untuk berbagai kegiatan wisata tersebut rombongan harus berjumlah sekitar 20  orang. Nah, seru sekali, bukan? Tetapi tentu saja Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

 

Nah, demikianlah informasi tentang harga tiket museum fatahillah sekaligus ulasan singkat tentang obyek wisata museum sejarah Jakarta ini. Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

  • jakarta go id pantauan pintu air
  • masuk museum fatahillah 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *